Wednesday 9 March 2016

Antikythera Mechanism - Komputer Purba [OOPARTS]

OOPARTS adalah benda yang mustahil dibuat pada zaman dulu karena keterbatasan teknologi yang ada. Contohnya saja adalah Antikythera ini. Antikythera dikategorikan sebagai artefak yang tidak biasa karena bentuknya menyerupai jam padahal dibuat 1.000 tahun sebelum jam ditemukan.

Antikythera adalah komputer analog purba yang digunakan untuk menandai posisi astronomis dan gerhana untuk penentuan kalender dan alasan astronomis, baik itu seperti Olympiads, lingkaran kuno permainan olimpiade. Benda ini ditemukan di kotak kayu berukuran 340 mm x 180 mm x 90 mm. 

Perangkat mekanisme jarum jam benda ini sangat kompleks karena terdiri dari setidaknya 30 gigi perunggu yang bertautan. Benda ini ditemukan sebanyak 82 fragmen terpisah , yang hanya tujuh mengandung gigi atau prasasti yang signifikan.Gigi terbesar ( terlihat jelas di gambar atas) adalah sekitar 140 mm dan awalnya memiliki 223 gigi.

Artefak ini ditemukan kembali pada tahun 1900-1901 dari kapal karam Antikyhera di lepas pulau Yunani Antikythera. Benda ini diyakini telah dirancang dan dibangun oleh para ilmuwan Yunani, instrumen ini telah di tetapkan tanggalnya diantara 150 dan 100 SM, atau yang lebih baru pada tahun 250 SM.
Setelah pengetahuan teknologi ini telah hilang di beberapa titik di Antiquity, artefak teknologi ini mendekati kompleksitas dan pengerjaan tidak dilanjutkan lagi sampai pengembangan jam astronomi mekanik di Eropa pada abad keempat belas.
Mekanisme

Di bagian depan artefak ada dial cincin tetap mewakili ekliptika , dua belas tanda-tanda zodiak ditandai dengan sama sektor 30 derajat. Ini cocok dengan kebiasaan Babilonia menetapkan seperdua belas dari ekliptika untuk setiap tanda zodiak yang sama, meskipun batas konstelasi adalah variabel.Cincun di luar dial bisa diputar ditandai dengan bulan dan hari sesuai dengan penanggalan Mesir Sothic, 12 bulan ditambah 30 hari ditambah 5 hari kabisat. Nama bulan diambil dari bahasa Mesir dan ditranskripkan ke alphabet Yunani.







Cara pertama untuk mengoperasikannya adalah dengan memutar cincin kalender Mesir guna mencocokkan ke zodiak saat ini. Pada kalender Mesir, hari kabisat diabaikan sehingga tetap berputar penuh melalui tanda zodiak dalam waktu sekitar 120 tahun.
Mekanisme ini dioperasikan dengan memutar engkol tangan kecil (sekarang hilang) yang terhubung melalui mahkota gigi terbesar, empat gigi yang terlihat pada fragmen A, dengan nama b1dipindah  ke penunjuk tanggal pada dial depan, yang akan ditetapkan untuk hari kalender Mesir yang benar. Tahun ini tidak dapat dipilih, sehingga perlu untuk mengetahui tahun saat ini ditetapkan, atau dengan melihat siklus ditunjukkan oleh berbagai indikator siklus kalender pada tabel ephemeris Babilonia untuk hari tahun saat ini ditetapkan, karena sebagian besar siklus kalender tidak sinkron dengan tahun ini. engkol bergerak sekitar 78 hari per putaran penuh, sehingga menunjuk hari tertentu pada dial akan mudah  jika mekanisme itu dalam kondisi kerja yang baik. Tindakan memutar engkol tangan juga akan menyebabkan semua gigi saling bertautan dalam mekanisme untuk memutar, sehingga perhitungan simultan posisi Matahari dan Bulan, siklus fase bulan, gerhana, dan kalender, dan mungkin lokasi planet.

Pengguna juga harus mengawasi posisi spiral penunjuk dial pada 2 dial besar di belakangnya. Penunjuk memiliki 'pengikut' yang dilacak oleh sayatan logam yang dimasukan dengan cepat pada 4 sampai 5 putaran penuh dari penunjuk. Ketika penunjuk sampai pada terminal bulan di akhir spiral, pengikut penunjuk secara manual harus dipindahkan ke sisi lain spiral sebelum menggunakan lebih lanjut.













































No comments:

Post a Comment