Friday 4 March 2016

Penjelasan Out Of Place Artifact (OOPART)

Pernahkah kalian melihat sebuah benda yang dibuat dengan teknologi canggih pada jaman sekarang? Retoris banget dah pertanyaannya, ya pasti laah. Tapi bagaimana jika benda itu ternyata dibuat oleh orang jaman dulu? Nah loh?
Benda-benda sejenis itu disebut dengan OOPart, Oopart adalah singkatan dari Out of Place Artifacts atau artefak yang mustahil dibuat dengan teknologi pada zaman dimana artefak tersebut berasal. Ooparts ini membuktikan kalau teknologi pada zaman dahulu ternyata menyamai atau bahkan lebih maju daripada yg kita bayangin. Ooparts juga kerap dikaitkan dengan alien ataupun mesin waktu.
Istilah OOParts jarang digunakan oleh para ilmuwan atau sejarawan, penggunaannya sebagian besar terbatas pada cryptoloogist, pendukung astronomi kuno, dan penggemar paranormal. Istilah ini digunakan untuk menyebut berbagai objek yang aneh dan tak dapat dijelaskan ilmu pengetahuan sampai-sampai beberapa objek itu disebut hoax.
Batu Ica, contoh OOPart yang ternyata hoax
Kritikus berpendapat bahwa sebagian OOPArts diakui yang tidak hoax adalah hasil dari interpretasi keliru, khayalan, atau keyakinan yang salah bahwa budaya tertentu tidak bisa menciptakan sebuah artefak atau teknologi karena kurangnya pengetahuan atau bahan. Pendukung menganggap OOPArts sebagai bukti bahwa ilmu pengetahuan biasanya menghadap daerah besar pengetahuan , baik sengaja atau melalui ketidaktahuan. (RIP translate)

Dalam beberapa kasus, beberapa OOPart diyakini sebagai OOPart namun memiliki pendeskripsian yang keliru dari bentuk aslinya.
Sebagai contoh, Wolfsegg Iron dikatakan kubus sempurna tapi ternyata tidak, Klerksdorph Sphere dibilang lingkaran sempurna, tapi ternyata tidak.
Iron Pillar of Delphi
Dan katanya Iron Pillar of Delphi anti karat, tapi ditemukan karatan di sekitarnya. Makanya, sebelum asal bilang di telitiin dulu mz.

Banyak penulis atau peneliti yang mempertanyakan pandangan konvensional dari sejarah manusia yang telah digunakan OOPArts dalam upaya untuk meningkatkan argumen mereka. Ilmu Penciptaan bergantung pada temuan diduga anomali dalam catatan arkeologi untuk menantang kronologi ilmiah dan model evolusi manusia. OOPArts diklaim telah digunakan untuk mendukung deskripsi agama pra - sejarah, teori astronot kuno , dan gagasan peradaban hilang yang memiliki pengetahuan atau teknologi yang lebih maju daripada zaman modern.




Klerksdorph Sphere
Wolfsegg Iron

No comments:

Post a Comment